Laporan Bacaan 8
Nama:
Erani Kholifah
Nim:
11901022
Kelas:
PAI 4D
Makul:
Magang 1
LAPORAN BACAAN JURNAL
Identitas
Jurnal
Judul:
EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK (SISWA)
Penulis: MAHIRAH B.
JURNAL IDAARAH, VOL. I,
NO. 2, DESEMBER 2017
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Pendahuluan
Jurnal yang dilaporkan pada pertemuan akali ini adalah jurnal
yang berjudul Evaluasi Belajar Peserta didik (Siswa) yang ditulis oleh
Mahirah B. Pada Desember 2017.
Jurnal ini menjelaskan tentang Pengertian Evaluasi, Tujuan, Fungsi,
dan Manfaat Evaluasi.
Evaluasi dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar secara
terus Menerus dan juga mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas Proses
pembelajaran serta mendorong sekolah untuk lebih meningkatkan Fasilitas dan
kualitas belajar siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, optimalisasi Sistem
evaluasi memiliki dua makna, pertama adalah sistem evaluasi yang Memberikan
informasi yang optimal. Kedua adalah manfaat yang dicapai dari Evaluasi.
Manfaat yang utama dari evaluasi adalah meningkatkan kualitas Pembelajaran dan
selanjutnya akan terjadi peningkatan kualitas pendidikan.
Hal tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan program pembelajaran
selalu Dilihat dari aspek hasil belajar yang dicapai. Di sisi lain evaluasi
pada program pembelajaran membutuhkan data tentang pelaksanaan pembelajaran dan
tingkat ketercapaian tujuannya. Kondisi yang demikian tidak hanya terjadi pada
jenjang Pendidikan tinggi, tetapi juga terjadi di jenjang pendidikan dasar dan
menengah. Keberhasilan program pembelajaran selalu dilihat dari aspek hasil
belajar, sementara implementasi program pembelajaran di kelas atau kualitas
proses pembelajaran itu berlangsung jarang tersentuh kegiatan penilaian. Dengan
demikian evaluasi sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan kehidupan manusia sehari-hari,
karena disadari atau tidak disadari, sebenarnya evaluasi sudah sering dilakukan,
baik untuk diri sendiri maupun kegiatan sosial lainnya. Hal ini dapat dilihat
mulai dari berpakaian, setelah berpakaian ia berdiri dihadapan cermin apakah
penampilannya sudah wajar atau belum, sampai pada hal-hal yang lebih besar
dalam kehidupan manusia. Contohnya ketika seorang pejabat negara berakhir masa
jabatannya, maka orang lain yang ada di sekitarnya akan melakukan penilaian
atau evaluasi terhadap kinerjanya selama masa kepemimpinannya. Apakah
kepemimpinannya tersebut berhasil atau tidak. Begitu pula dalam dunia pendidikan
tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan evaluasi itu sendiri. Dikatakan demikian,
karena evaluasi merupakan salah satu komponen dasar dari sistem pendidikan yang
harus dilakukan secara sistematis dan terencana sebagai alat untuk mengukur
keberhasilan atau target yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.
Laporan Bagian Jurnal
Jurnal yang dilaporkan pada pertemuan akali ini adalah jurnal
yang berjudul Evaluasi Belajar Peserta didik (Siswa) yang ditulis oleh
Mahirah B. Pada Desember 2017.
A.
Pengertian Evaluasi
Secara etimologi “evaluasi” berasal dan bahasa
Inggris yaitu evaluation dari Akar kata value yang berarti nilai atau harga. Nilai
dalam bahasa Arab disebut al-qiamah atau al-taqdir’ yang bermakna penilaian
(evaluasi). Sedangkan secara harfiah, evaluasi pendidikan dalam bahasa Arab
sering disebut dengan al-taqdir al-tarbiyah yang diartikan sebagai penilaian
dalam bidang pendidikan atau penilaian mengenai hal yang berkaitan dengan
kegiatan pendidikan. Secara terminologi, beberapa ahli memberikan pendapat
tentang pengertian evaluasi diantaranya: Edwind dalam Ramayulis mengatakan
bahwa evaluasi mengandung pengertian suatu tindakan atau proses dalam
menentukan nilai sesuatu (Ramayulis, 2002). M. Chabib Thoha, mendefinisikan
evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk Mengetahui keadaan objek
dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk
memperoleh kesimpulan (Thoha, 1990).
Pengertian evaluasi secara umum dapat
diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (ketentuan,
kegiatan, keputusan, unjuk-kerja, proses, orang, objek dan yang lainnya)
berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian. Untuk menentukan nilai sesuatu
dengan cara membandingkan dengan kriteria, evaluator dapat langsung
membandingkan dengan kriteria umum, dapat pula melakukan pengukuran terhadap
sesuatu yang dievaluasi kemudian membandingkan dengan kriteria tertentu. Dalam
pengertian lain antara evaluasi, pengukuran, dan penilaian merupakan kegiatan
yang bersifat hirarki. Artinya ketiga kegiatan tersebut dalam kaitannya dengan
proses pembelajaran tidak dapat Dipisahkan satu sama lain dan dalam
pelaksanaannya harus dilaksanakan secara Berurutan.
Dengan adanya evaluasi, peserta didik dapat
mengetahui sejauh mana Keberhasilan yang telah dicapai selarna mengikuti
pendidikan. Pada kondisi Dimana siswa mendapatkan nilai yang mernuaskan, maka
akan memberikan Dampak berupasuatu stimulus, motivator agar siswa dapat lebih
meningkatkan Prestasi. Pada kondisi dimana hasil yang dicapai tidak memuaskan,
maka siswa akan berusaha memperbaiki kegiatan belajar, namun demikian sangat
diperlukan Pemberian stimulus positif dari guru/pengajar agar siswa tidak putus
asa.
B. Tujuan Evaluasi
Evaluasi adalah suatu kegiatan yang disengaja
dan bertujuan. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan sadar oleh guru dengan tujuan
untuk memperoleh kepastian mengenai keberhasilan belajar siswa dan memberikan
masukan kepada guru mengenai apa yang dia lakukan dalam kegiatan pengajaran.
Dengan kata lain, evaluasi yang dilakukan oleh guru bertujuan untuk mengetahui
bahan bahan pelajaran yang disampaikan apakah sudah dikuasi oleh siswa ataukah
belum. Selain itu, apakah kegiatan pegajaran yang dilaksanakannya itu sudah
sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum.
Menurut Sudirman N, dkk, bahwa tujuan
penilaian dalam proses Pembelajaran adalah:
· Mengambil keputusan
tentang hasil belajar
· Memahami siswa,
· Memperbaiki dan
mengembangkan program pengajaran.
Dengan demikian, tujuan evaluasi adalah Untuk
memperbaiki cara, pembelajaran, mengadakan perbaikan dan pengayaan Bagi siswa,
serta menempatkan siswa pada situasi pembelajaran yang lebih tepat Sesuai
dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya. Tujuan lainnya adalah untuk Memperbaiki
dan mendalami dan memperluas pelajaran, dan yang terakhir adalah Untuk
memberitahukan atau melaporkan kepada para orang tua/wali siswa Mengenai
penentuan kenaikan kelas atau penentuan kelulusan siswa.
C.
Fungsi Evaluasi
Jahja Qohar Al-Haj, mengemukakan bahwa fungsi
evaluasi dari sisi siswa secara individual, dan dari segi program pengajaran.
1. Dilihat dari segi siswa secara individu, evaluasi berfungsi
sebagai: mengetahui tingkat pencapaian siswa dalam suatu proses pembelajaran
yaitu:
· Menetapkan keefektifan
pengajaran dan rencana kegiatan.
· Memberi basis Laporan
kemajuan siswa
· Menetapkan kenaikkan
dan kelulusan
2. Dilihat dari segi program pengajaran, evaluasi berfungsi
· Memberi dasar
pertimbangan kenaikan dan promosi siswa.
· Memberi dasar
penyusunan dan penempatan kelompok siswa yang homogen.
· Diagnosis dan remedial
pekerjaan siswa.
· Memberi dasar pembimbingan dan penyuluhan.
· Dasa pemberian angka
dan rapor bagi kemajuan belajar siswa.
· Memberi motivasi
belajar bagi siswa.
· Mengidentifikasi dan
mengkaji kelainan siswa.
· Menafsirkan kegiatan
sekolah ke dalam masyarakat
· Untuk mengadministrasi
sekolah
· Untuk mengembangkan
kurikulum.
· Mempersiapkan
penelitian pendidikan di sekolah (Al-Haj, 1985).
Dengan demikian dapat dianalisis bahwa tampaknya kegiatan
tersebut untuk memberikan masukan bagi siswa dan pihak sekolah dalam hal
mengetahui tentang perkembangan belajar dan perkembangan grafik belajar serta
kelulusan siswanya. Semua informasi yang masuk pada pihak lembaga (sekolah)
tempat siswa belajar tersebut akan menjadi data yang akurat dalam melakukan
evaluasi pada pengembangan dan perbaikan sekolah. Lebih-lebih lagi pada
bagaimana mengembangkan mutu atau kualitas siswa. Sedangkan Nana Sudjana menjelaskan
bahwa, evaluasi berfungsi sebagai berikut:
· Untuk mengetahui
tercapai tidaknya tujuan instruksional khusus. Dengan fungsi ini dapatlah
diketahui bahwa tingkat penguasaan bahan pelajaran yang dikuasai oleh siswa.
Dengan kata lain, dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa tersebut baik atau
tidak baik.
· Untuk mengetahui
keaktifan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru. Rendahnya capaian hasil
belajar yang diperoleh siswa tidak semata-mata disebabkan oleh ketidakmampuan
siswa itu sendiri. Tetapi boleh jadi karena guru yang kurang bagus dalam
mengajar. Dengan penilaian yang dilakukan akan dapat diketahui apakah hasil
belajar itu karena kemampuan siswa atau juga karena factor guru, selain itu
dengan penilaian tersebut dapat menilai guru itu sendiri dan hasilnya dapat
dijadikan sebagai bahan dalam memperbaiki tindakan mengajar berikutnya.
Selain fungsi-fungsi tersebut di atas, berikut
dikemukakan beberapa fungsi evaluasi, antara lain:
1. Penilaian Berfungsi Selektif
Dengan
cara mengadakan penilaian guru mempunyai cara untuk mengadakan seleksi atau
penilaian terhadap siswanya. Penilaian itu sendiri mempunyai berbagai tujuan,
antara lain:
· Untuk memilih siswa
yang dapat diterima di sekolah tertentu.
· Untuk memilih siswa
yang dapat naik ke kelas atau tingkat berikutnya.
· Untuk memilih siswa
yang seharusnya mendapat beasiswa.
· Untuk memilih siswa
yang sudah berhak meninggalkan sekolah, dan sebagainya.
2.
Penilaian Berfungsi Diagnostik
Apabila
alat yang digunakan dalam penilaian cukup memenuhi persyaratan, maka dengan
melihat hasilnya, guru akan mengetahui kelemahan siswa. Di samping itu,
diketahui pula sebab musabab kelemahan itu. Jadi dengan mengadakan penilaian
sebenarnya guru mengadakan diagnosis kepada siswa tentang kebaikan dan
kelemahannya. Dengan diketahuinya sebab-sebab kelemahan ini, akan lebih mudah
dicari cara untuk mengatasi.
3.
Penilaian Berfungsi Sebagai Penempatan
Sistem
baru yang kini banyak dipopulerkan di negara Barat, adalah sistem belajar
sendiri. Belajar sendiri dapat dilakukan dengan cara mempelajari sebuah paket
belajar, baik itu berbentuk modul maupun paket belajar yang lain. Sebagai alasan
dari timbulnya sistem ini adalah adanya pengakuan yang besar terhadap kemampuan
individual.
4. Penilaian Berfungsi Sebagai Pengukur Keberhasilan
Fungsi
keempat dari penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh Mana suatu
program berhasil diterapkan. Keberhasilan program ditentukan oleh Beberapa
faktor yaitu faktor guru, metode mengajar, kurikulum, sarana, dan system Administrasi.
D. Manfaat Evaluasi
Secara umum manfaat yang dapat diambil dari
kegiatan evaluasi dalam pembelajaran, yaitu:
· Memahami sesuatu:
mahasiswa (entry behavior, motivasi, dll), sarana dan prasarana, dan kondisi
dosen.
· Membuat keputusan:
kelanjutan program penanganan “masalah", dll.
· Meningkatkan kualitas
PBM: komponen-komponen PBM
Sementara secara lebih khusus evaluasi akan
member manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran, seperti
siswa, guru, dan kepala sekolah.
· Bagi Siswa; mengetahui
tingkat pencapaian tujuan pembelajaran Memuaskan atau tidak memuaskan
· Bagi Guru; a)
mendeteksi siswa yang telah dan belum menguasai tujuan melanjutkan remedial
atau pengayaan, b) ketepatan materi yang diberikan jenis, lingkup, tingkat
kesulitan, c) Ketepatan metode yang digunakan.
· Bagi Sekolah; a) Hasil
belajar cermin kualitas sekolah, b) membuat program sekolah, c) pemenuhan
standar.
Dengan demikian dapatlah difahami bahwa
evaluasi sangat perlu/bermanfaat dan merupakan syarat mutlak untuk perbaikan,
agar mempunyai makna yang signifikan bagi semua pihak. Jika kita temukan hubungan
antara hasil belajar dengan efektivitas metode mengajar terbukalah kemungkinan
untuk mengadakan perbaikan. Sebelum kita mengevaluasi kemampuan metode baru
pada sejumlah peserta didik, perlu kita pikirkan bahwa proses pembelajaran itu
dinamis, senantiasa terjadi perubahan pada guru maupun murid dalam interaksi
itu. Disamping hasil belajar seperti diharapkan oleh guru mungkin timbul pula hasil
sampingan yang positif maupun negatif misalnya, murid-murid menguasai bahan
yang disajikan akan tetapi Ia di samping itu merasa senang atau benci terhadap
tindakan pribadi gurunya.
Cukup Sekian Materi yang dapat saya sampaikan,
Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamith Thariq
Summassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
𝐓𝐞𝐫𝐢𝐦𝐚 kasih💙
💙 ارنى خلىة