Laporan Bacaan 9
Nama:
Erani Kholifah
Nim:
11901022
Kelas:
PAI 4D
Makul:
Magang 1
LAPORAN BACAAN JURNAL
Identitas
Jurnal
Jurnal
Pendidikan dan Kajian Seni
Judul:
PEMAHAMAN KONSEP KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DENGAN PETA KONSEP BAGI MAHASISWA
PENDIDIKAN SENI
Penulis: Fuja Siti
Fujiawati
Vol.1, No.1, April 2016
ISSN 2503-4626
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Pendahuluan
Jurnal yang dilaporkan pada pertemuan kali ini adalah jurnal
yang berjudul Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep
Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni yang ditulis oleh Fuja Siti Fujiawati pada
April 2016.
Jurnal ini menjelaskan tentang Hakikat Kurikulum dan
Pembelajaran, Pengertian Peta Konsep, Pentingnya Pemahaman Konsep Kurikulum dan
Pembelajaran bagi Calon Guru Pendidikan Seni, Pemahaman Konsep Kurikulum dan
Pembelajaran Dengan Peta Konsep.
Kurikulum dan pembelajaran merupakan bagian integral dari sistem
pendidikan nasional. Seorang Guru profesional harus memahami tentang konsep
kurikulum dan pembelajaran dalam implementasi tugas kesehariannya. Begitu pun
bagi mahasiswa pendidikan seni yang akan menjadi calon pendidik dimasa yang
akan datang, harus memiliki Kompetensi sebagai calon pendidik profesional yang
salah satunya mampu memahami konsep Kurikulum dan pembelajaran. Kurikulum
adalah perangkat pengalaman belajar yang akan didapat oleh peserta didik selama
ia mengikuti suatu proses pendidikan. Kurikulum dirancang untuk dapat mencapai
tujuan yang diharapkan. Keberhasilan dari suatu kurikulum yang ingin dicapai
sangat bergantung pada faktor kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru.
Artinya, guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam upaya mewujudkan segala
sesuatu yang telah tertuang dalam suatu kurikulum resmi. Beberapa pandangan
menyatakan bahwa meskipun suatu kurikulum itu bagus, namun keberhasilan atau
gagalnya kurikulum tersebut pada akhirnya terletak di tangan pribadi guru. Guru
berperan sebagai ujung tombak implementasi kurikulum. Salah satu upaya untuk
memahami konsep kurikulum dan pembelajaran bagi calon guru adalah dengan peta
konsep. Peta konsep dikembangkan sebagai strategi untuk dapat menjabarkan
kedudukan kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan, sehingga tergambarkan
dengan jelas konsep kurikulum dan pembelajaran bagi calon guru.
Laporan Bagian Jurnal
Jurnal yang dilaporkan pada pertemuan kali ini adalah jurnal
yang berjudul Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep
Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni yang ditulis oleh Fuja Siti Fujiawati pada
April 2016.
A. Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran
1. Konsep Kurikulum
Kurikulum
merupakan alat Yang sangat penting dalam menjamin keberhasilan proses
pendidikan, artinya tanpa kurikulum yang baik dan tepat akan sulit mencapai tujuan
dan sasaran pendidikan yang dicita-citakan. Istilah kurikulum berasal dari
bahasa Yunani Kuno yaitu“curir” yang artinya pelari dan “curere” yang artinya
tempat Berpacu. Kurikulum diartikan jarak yang harus ditempuh oleh pelari.
Istilah kurikulum tersebut berkembang kemudian diterapkan dalam pendidikan.
Kurikulum dalam pendidikan diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus
ditempuh atau diselesaikan anak didik untuk memperoleh ijazah.
Keberadaan
kurikulum sebagai salah satu komponen pendidikan berada pada posisi yang strategis
dimana peran utamanya sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan
pendidikan yang diharapkan dapat berjalan dengan baik harus memperhatikan kondisi
kurikulumnya, karena pengalaman yang akan diberikan di dalam kelas pada
pelaksanaan pendidikan akan mengacu pada
kurikulum.
Kurikulum menempati posisi sentral dalam proses pendidikan.
Dari
beberapa konsep yang dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa konsep kurikulum
terdiri atas tiga yaitu kurikulum sebagai substansi, kurikulum sebagai sistem,
dan kurikulum sebagai bidang studi. Konsep pertama, kurikulum sebagai suatu
substansi. Suatu kurikulum dipandang orang sebagai
Suatu
rencana kegiatan belajar bagi Peserta didik di sekolah, atau sebagai suatu
perangkat tujuan yang ingin dicapai. Suatu kurikulum juga dapat menunjuk kepada
suatu dokumen yang berisi rumusan tentang tujuan, bahan ajar, kegiatan belajar mengajar,
jadwal, dan evaluasi.
Konsep
kedua, adalah kurikulum sebagai suatu sistem, yaitu sistem kurikulum. Sistem kurikulum
merupakan bagian dari Sistem persekolahan, sistem Pendidikan, bahkan sistem masyarakat.
Suatu sistem kurikulum mencakup struktur personalia, dan prosedur kerja
bagaimana cara menyempurnakannya. Hasil dari suatu sistem kurikulum adalah tersusunnya
suatu kurikulum, dan fungsi dari sistem kurikulum adalah bagaimana memelihara
kurikulum agar tetap dinamis. Konsep ketiga, kurikulum sebagai suatu bidang
studi yaitu bidang studi kurikulum. Ini merupakan bidang kajian para ahli kurikulum
dan ahli pendidikan dan pengajaran. Tujuan kurikulum sebagai bidang studi
adalah mengembangkan ilmu tentang kurikulum dan sistem kurikulum.
2. Konsep Pembelajaran
Istilah
pembelajaran secara garis besar dapat didefinisikan sebagai suatu proses
interaksi antara komponen-komponen sistem pembelajaran dengan tujuan untuk mencapai
suatu hasil belajar. Hal ini berarti bahwa pembelajaran adalah proses
transaksional (saling memberikan timbal balik) di antara komponen-komponen
sistem pembelajaran, yakni pendidik, peserta didik, bahan ajar, media, alat, prosedur
dan proses belajar guna mencapai suatu perubahan yang komprehensif pada diri
peserta didik. Perubahan yang komprehensif tersebut berarti perubahan yang mendalam
dan esensial pada perilaku, sikap, pengetahuan dan kemampuan pemaknaan pada peserta
didik yang dapat berguna untuk menyelesaikan tugas/kewajiban - kewajiban dalam
hidupnya, sehingga melalui sebuah kegiatan pembelajaran yang berkelanjutan, seluruh
kebutuhan hidup peserta didik tersebut sebagai seorang insan manusia akan dapat
terpenuhi. Pembelajaran adalah proses sistematis dimana semua komponen, antara
lain guru, siswa, material dan lingkungan belajar merupakan komponen penting
untuk keberhasilan belajar (Dick & Carey, 1990: 2). Pembelajaran sebagai sebuah
sistem menggunakan pendekatan sistem dalam desain pembelajaran. Dalam pandangan
sistem semua komponen yang terlibat dalam pembelajaran saling berinteraksi satu
dengan lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
B. Pengertian Peta Konsep
Peta konsep adalah suatu gambar yang
memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar konsep dari suatu gambaran
yang menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dari suatu materi
pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk Suatu
proposisi. Peta semacam ini mempunyai struktur berjenjang, Yaitu dari yang
bersifat umum menuju yang bersifat khusus, dilengkapi dengan garis-garis penghubung
yang sesuai. Karena itu, peta konsep akan mendorong siswa menghubungkan
konsep-konsep selama belajar, sehingga tercapai Pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123).
Proses penyusunan peta Konsep merupakan
strategi belajar yang baik sekali sebab memaksa belajar untuk secara aktif Memikirkan
hubungan-hubungan di antara konsep-konsep. Dengan kata Lain, proses penyusunan
peta konsep dapat menfasilitasi pemahaman Pelajar mengenai konsep Kurikulum dan
pembelajaran, Kedudukannya dalam sistem Pendidikan. Di samping merupakan Strategi
belajar, peta konsep dapat Dipakai untuk tujuan-tujuan lain, Misalnya untuk
mengetahui Pengetahuan terdahulu yang dimiliki Pelajar sebelum pembelajaran Dimulai.
Bagi pelajar, peta konsep Dapat bermanfaat sebagai alat bantu Belajar sebab
dengan peta konsep Mereka dapat menilai dirinya sendiri Dengan kritis, dan
penyusunannya dapat mendorong terjadinya pembelajaran kooperatif (Dorough And
Rye, 1997).
C. Pentingnya Pemahaman Konsep
Kurikulum dan Pembelajaran bagi Calon Guru Pendidikan Seni
Setiap calon pendidik dan tenaga kependidikan
harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran,
sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan
pendidikan nasional. Kualifikasi akademik yang dimaksudkan di atas adalah
tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik dan tenaga
kependidikan yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang
relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Salah satu upaya mengembangkan kompetensi
calon pendidik dan tenaga kependidikan, maka diperlukan pemahaman dan penguasaan
terhadap konsep kurikulum dan pembelajaran baik Secara teoritis maupun praktis.
Adapun fungsi dari mata kuliah Kurikulum dan Pembelajaran yaitu Membekali
mahasiswa calon Pendidik dan tenaga kependidikan Dengan berbagai pemahaman dan Wawasan
tentang konsep dan praktik Yang berhubungan dengan kurikulum Dan pembelajaran
serta dapat Mengaplikasikannya dalam proses Pembelajaran. Pentingnya
meningkatkan Kompetensi pedagogik bagi Mahasiswa pendidikan seni sebagai Calon
pendidik dan tenaga kependidikan di masa yang akan Datang merupakan tujuan
utama bagi LPTK dalam penyelenggaraan Pendidikan. Begitu pun bagi Mahasiswa
pendidikan seni yang Akan menjadi calon guru dimasa Yang akan datang harus
dibekali Dengan pemahaman konsep kurikulum Dan pembelajaran. Rendahnya hasil Belajar
mahasiswa disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran belum Optimal.
Keberhasilan pelaksanaan Pembelajaran tidak terlepas dari Beberapa sumber daya
pendukung, Diantaranya adalah manajemen Pengelola, pemanfaatan sumber Belajar,
penggunaan media Pembelajaran, penggunaan strategi Dan model-model
pembelajaran, Kinerja pengajar, pemantauan Pelaksanaan sarana pembelajaran, Dan
manajemen peningkatan mutu Pendidikan.
D. Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan
Peta Konsep
Pendidikan, kurikulum dan pembelajaran
merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan untuk mewujudkan tujuan pendidikan
nasional. Hubungan antara Pendidikan, Kurikulum dan pembelajaran yaitu
Pendidikan sebagai bagian terbesar yang merupakan tempat bertumpunya kurikulum
dan Pembelajaran. Kurikulum merupakan seperangkat pengaturan yang digunakan
dalam proses pembelajaran dan merupakan bagian dari pendidikan, dan pembelajaran
merupakan Inti dari suatu kegiatan pendidikan dimana dalam pembelajaran ini dilakukan
proses-proses Pendidikan dari Pendidik kepada yang terdidik. Pendidikan,
Kurikulum maupun pembelajaran ketiganya mempunyai satu tujuan yang sama yaitu
untuk menjadikan manusia sebagai manusia yang seutuhnya. Untuk memahami konsep Kurikulum
dan pembelajaran digunakan strategi pembelajaran dengan peta konsep, terutama
untuk memahami hubungan antara pendidikan, kurikulum dan pembelajaran. Peta
konsep memegang peranan penting dalam belajar bermakna.
Adapun
Langkah Langkah untuk menciptakan suatu Peta konsep Menurut Dahar (1988:154)
yaitu:
· Mengidentifikasi ide
pokok atau Prinsip yang melingkupi sejumlah Konsep.
· mengidentifikasi Ide-ide
atau konsep-konsep sekunder Yang menunjang ide utama.
· menempatkan ide utama di tengah Atau di puncak
peta tersebut, dan
· mengelompokkan ide-ide Sekunder di sekeliling
ide utama Yang secara visual menunjukkan hubungan ide-ide tersebut dengan ide utama.
Langkah–langkah menciptakan peta konsep
tersebut diImplementasikan untuk pemahaman Kurikulum dan pembelajaran bagi Mahasiswa
pendidikan seni. Dengan Menggunakan peta konsep Mahasiswa dapat menempatkan ide
Secara visual yang menunjukkan Hubungan antara konsep kurikulum Dan
pembelajaran sesuai dengan pemahaman awal mahasiswa Pendidikan seni mengenai Pemahamannya
tentang kurikulum Dan pembelajaran digabungkan Dengan kreativitasnya dalam
bidang Grafis ketika membuat peta konsep.
Pembelajaran dengan menggunakan peta konsep
tersebut mempunyai banyak manfaat, seperti yang di sampaikan menurut Ausubel (dalam
Hudojo, et al 2002) menyatakan dengan jaringan konsep yang digambarkan dalam
peta konsep, belajar menjadi bermakna karena pengetahuan/informasi “baru” dengan
pengetahuan terstruktur yang telah dimiliki siswa tersambung sehingga menjadi
lebih mudah Terserap siswa. Peta konsep digunakan untuk menyatakan hubungan
yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk Proposisi-proposisi. Proposisi
proposisi merupakan dua atau lebih Konsep-konsep yang dihubungkan oleh
kata-kata dalam suatu unit Semantik. Dalam bentuk yang Paling sederhana, peta
konsep dapat Berupa dua konsep yang Dihubungkan oleh kata penghubung Untuk
membentuk proposisi.
Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamith Thariq
Summassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
𝐓𝐞𝐫𝐢𝐦𝐚 kasih💙
💙 ارنى خلىة